Seperti yang kamu ketahui kulit berminyak merupakan tipe kulit yang “rewel”. Kulit wajah berminyak seakan “banyak maunya”. Nah jika dibiarkan terus menerus maka tidak menutup kemungkinan wajah akan menghasilkan komedo karena kotoran debu polusi tersumbat di pori pori wajah. Tentu saja hal ini akan menyebabkan jerawat. Namun dalam beberapa kasus, jerawat bisa saja tumbuh karena adanya faktor hormon. Jangan sampai rasa percaya diri kalian terkubur karena wajah yang kusam dan berjerawat.

Kemungkinan terburuk akibat wajah berminyak tidak dirawat:

  • Wajah jerawatan dan kusam
  • Minder
  • Susah cari jaringan (karena orang udah ketakutan melihat wajah kita, masih mending kalo kita ada keahlian, kalo enggak??)
  • Susah dalam berkarir (karena penampilan menunjang sebagian dari kesuksesan)
  • Jomblo (ga mutlak sih, kalo kamu mau mencari pasangan hidup yang sudah matang dalam berpikir)

Nah untuk mengatasi wajah berminyak dan jerawatan, ini beberapa tips rekomendasi Trending by Shopsmart yang bisa kamu lakukan untuk memulai merawat wajahmu.

1. Cari Faktor Penyebab Wajah Anda Berminyak

Source: vemale

Langkah pertama, kenali kondisi tubuh kamu. Ada banyak faktor mengapa kulit berminyak antara lain adalah polusi udara, gaya hidup, rokok (khusus perokok), makanan yang pedas dan berminyak, terlalu banyak makan dan minum yang manis manis, hormon, faktor genetik dari orang tua.

Untuk faktor hormon dan genetik, wajah yang jerawatan cenderung susah untuk dihilangkan, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dikurangi asalkan perawatannya benar. Terus gimana dong cara perawatan yang benar? Jika penyebabnya sudah diketahui, lanjut ke langkah berikutnya.

2. Cuci Wajah Secara Teratur

Source: lifestyle.liputan6

Jika ingin wajah tidak berminyak dan kusam, maka kamu harus cuci wajah secara rutin. Tapi jangan terlalu sering, karena wajah akan menjadi kering dan hal ini menyebabkan respon dari kulit wajah memproduksi lebih banyak minyak lagi untuk menjaga kelembaban wajah. Gunakan sabun non pelembab karena tipe kulit berminyak sudah mempunyai pelembab alami dari dalam tubuh. Jika kamu malas mencari tipe sabun yang cocok, sangat disarankan untuk menemui dermatologist (dokter wajah) untuk mencari tipe sabun yang cocok. Gunakan toner untuk mengurangi produksi minyak wajah dan gunakan sunblock agar wajahmu tidak kusam.

3. Perhatikan Konsumsi Makanan Kamu

Source: freshdesignpedia

Untuk yang mempunyai kulit berminyak, disarankan untuk menghindari makan-makanan yang banyak minyaknya serta makanan yang pedas. Hindari makanan yang manis serta kurangi makanan yang mempunyai kadar karbohidrat tinggi. Perbanyak makan ikan, sayur dan buah, terutama buah jeruk yang mempunyai kadar vitamin C yang tepat untuk kesehatan kulit wajah. jika ingin mengkonsumsi daging, masaklah dengan cara direbus.

4. Cek Gaya Hidup Kamu

Source: Rita Maher

Aktivitas sangat mempengaruhi kondisi wajah, untuk itu kurangi begadang dan tidurlah secara teratur agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Kurangi rokok juga gan, udah tau kan kalo merokok bisa merusak kesehatan kulit. Terlebih lagi kita hidup di Negara tropis yang lembab sehingga mendukung pembentukan jerawat yang bisa merusak kulit wajah kamu. Jika kamu lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, maka kamu harus mencuci wajah lebih teratur lagi (bukan lebih sering loh ya). Dan yang terakhir, tetep positive thinking, stress mempengaruhi hormon yang bisa menyebabkan jerawat lohhhh, jadi jangan pada stress yahh hehehe.

Sekarang sudah mengerti kan penyebab kulit berminyak? Kalo sudah tau cara merawatnya yang benar, muka kamu bisa kelihatan awet muda loh. Jadi tetep semangat yah dalam merawat wajah kamu.

LEAVE A REPLY